Cara Memilih Oli Yang Bagus Dan Tepat Bagi Mobil Kamu!!!



Oli berkegunaaan untuk melumasi mesin mobil supaya tak saling berbenturan satu sama lain. Supaya mesin bisa terus bekerja dengan mulus, jangan hingga  Engkau  salah memilih oli untuk mobil.Dampak  yang ditimbulkan tak sepele lho, sebab bisa membikin tenaga mesin terus menurun.

Terbukti, biasanya montir di bengkel kepercayaan bakal merekomendasikan tipe oli yang tepat untuk mobil Anda. Tapi,  Engkau  pun  wajib mengenal semacam apa sih oli yang tepat untuk kendaraan yang dimiliki. Ini dirinya penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Pahami Karakter Mesin


Cara paling ringkas untuk memilih oli yang tepat untuk mobil ialah dengan menonton manual book yang disertakan saat pembelian.Generik nya di dalam buku tersebut dijelaskan tentang spesifikasi mesin dan tipe oli yang tepat. Faktor terpenting ialah ketepatan dengan mesin dan nilainya, bukan merek!

Kekentalan Oli


Walau mempunyai kegunaaan yang sama, tetapi oli tak bisa melindungi mesin dengan cara maksimal apabila kandungannya tak sesuai dengan karakter mobil Anda. Biasanya perbedaan tersebut bisa dilihat dari kekentalan cairan oli.Taraf  kekentalan atau viscosity-grade ini ditunjukkan dengan nomor Society of Automotive Engineer (SAE).

Terus besar angka yang berada di belakang kode SAE, maka itu menunjukkan konsentrasi cairan yang lebih kental. Sebagai contoh, oli dengan kode SAE 15W-40. Kode tersebut menunjukkan bahwa kekentalan pada kondisi winter (WAE) merupakan 15 sementara saat panas 40.

Bahan Pembuatan Oli


Oli mobil dibedakan menjadi dua tipe berdasarkan bahan yang dipakai. Tipe yang pertama ialah oli sintetis yang dibangun dari berbaga bahan kimia dengan sifat aditif.Ad interim  itu yang kedua ialah oli mineral yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi, dengan kata lain lebih alami.

Oli sintetis bisa berkegunaaan lebih maksimal ketika dipakai untuk mobil-mobil pabrikan baru. Kelebihan dibandingkan oli mineral pun lebih tak sedikit, di antaranya yaitu:

  • Kadar penguapan lebih rendah sebab cenderung stabil apabila terkena suhu tinggi
  • Tahan kepada gesekan dan melumasi mesin dengan lebih baik
  • Lebih hemat sebab tahan kepada oksidasi
  • Dapat menjaga kebersihan mesin sebab mengandung detergen


Hindari Oli Palsu


Kini begitu tak sedikit oli abal-abal yang beredar di pasaran. Kadang-kadang oli ini dipatok dengan harga yang relatif lebih terjangkau, tetapi sang penjual kerap memberbagi gimmick yang membikin  Engkau  percaya. Berhati-hatilah, kenali ciri-ciri oli palsu di bawah ini:
  • Oli umumnya berwarna kunging jernih semacam minyak kelapa sawit. dan oli yang palsu biasanya lebih pekat dan warnanya hitam gelap
  • Oli palsu bakal terasa kasar saat dipegang dengan kedua jari sebab tersedia kandungan logam
  • Bau dari oli palsu sangat tengik semacam hasil dari bekas pembakaran


Gonta-ganti Oli, Boleh?


Terkadang ada orang yang terus-terusan memakai satu merek oli tertentu saja untuk mobilnya. Seusai mengenal ada merek yang lebih keren, ia ragu sebab takut faktor tersebut bisa memengaruhi kondisi mesin. Sebetulnya bolehkah  Engkau  menggonta-ganti merek oli untuk mobil?

Boleh saja! Semacam yang telah disebutkan sebelumnya, merek dan harga bukalah penentu mutlak dari nilai oli mobil Anda. Yang terpenting, oli tersebut mempunyai kekentalan yang sama untuk tipe mesin. Ingat! Saat meperbuat pergantian merek, kuras habis oli sisa supaya tak tersedia sisa pembakaran dari oli lama.


Pemeriksaan Kondisi Oli


Oli tak sekedar berkegunaaan sebagai pelumas mesin saja! Ada kegunaan lain yang butuh  Engkau  ketahui yaitu sebagai pelindung karat, menjaga kestabilan suhu mesin, dan pembersih dan menutupi lubang dinding mesin.

Cukup tak sedikit bukan kegunaaannya? Oleh sebab itu, seusai memilih oli yang tepat untuk mobil Anda, jangan lupa untuk mengecek kondisi dan volume nya dengan cara selalu. Apabila tidak, bukan hanya mesin saja yang bisa terkena akibatnya, bisa jadi komponen mobil lain pun ikut rusak sebab kesalahan tersebut.

Bagi  Engkau  yang ingin membeli mobil bekas, mengecek kondisi dan volume oli mesin mobil incaran juga benar-benar penting.  Engkau  bisa mengenal nilai mesin dari kondisi oli-nya.Keliru satu indikasi mesin mobil berpersoalan merupakan apabila oli semacam berpasir atau telah tercampur air. Apabila  Engkau  menemukan kondisi oli semacam itu,  Engkau   wajib waspada.

Apabila  Engkau  butuh bantuan, 150+ Poin kita telah mencakup pemeriksaan kondisi dan volume oli mesin, jadi  Engkau  tak butuh khawatir lagi dan bisa yakin mengenal kondisi oli mobil incaran Anda.

.
.

Sekian dari kami semoga bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa kunjungi artikel kami yang lain yang ada DI SINI.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Oli Yang Bagus Dan Tepat Bagi Mobil Kamu!!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel